twitter
rss


Bila mendengar ”balok” yang terbayang oleh kita adalah sebuah kayu panjang berbentuk kubus. Tapi di daerah Babakan Lor, Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang, ”balok” adalah nama sebuah penganan/kue yang terkenal nikmat. Disebut balok karena kue ini seperti balok kayu yang digunakan sebagai bantalan rel kereta api.

Bahan pembuat kue balok ini hampir sama dengan membuat ”getuk lindri”, hanya prosesnya saja yang sedikit berbeda. Kue balok dibuat dari ubi ketela pohon (dangdeur/sampeu dalam bahasa Sunda), kemudian dibuang kulitnya sampai bersih dan dicuci, lalu dikukus hingga empuk/lunak. Proses berikutnya, ditiriskan lalu ditumbuk menggunakan lesung sampai benar-benar halus dan diberi garam untuk memberi rasa gurih. Setelah halus, dicetak dan dipotong-potong menyerupai balok kayu. Kue ini biasanya disajikan dengan bumbu serundeng, yakni kelapa parut yang diasang, kemudian ditumbuk halus sampai mengeluarkan minyak.

Kue balok merupakan cikal bakal beragam kue bolu yang kita kenal sekarang. Bahan dasarnya sama, tapi takaran, campuran dan teknik pembuatan berbeda.kue balok sempat terkenal di tahun 1960-an. Kue berbentuk empat persegi panjang yang melengkung di bagian atas, digemari banyak orang sebagai pasangan minum kopi.

Kue ini cenderung tawar, sehingga cocok dipadukan dengan pahitnya kopi. Para penjualnya pun menyediakan kopi dan bangku-bangku pendek. Menjadi kesukaan orang-orang jaman dulu berkerumun di sekitar pedagang Kue Balok, sambil ngobrol sana-sini dan mencelup-celup kue balok ke dalam kopi panas.Berbeda dengan kebanyakan kue sekarang, kue balok lebih padat dan keras. Tapi rupanya inilah yang jadi daya tarik.'Mengenyangkan' agaknya menjadi sebab wujudnya yang padat dan keras. Kue ini kadang disebut Kue Jibeuh (Hiji Sebeuh), makan satu sudah kenyang. Memang lebih lembut disantap saat masih hangat, tapi kalau terlanjur dingin dan keras bisa melunak jika dicelup ke dalam kopi.

Pembuatan kue balok memerlukan proses yang cukup lama. Adonannya harus diendapkan selama satu malam sebelum dicetak dan dipanaskan. Setelah adonan dimasukkan ke dalam cetakan, sebuah anglo berisi arang panas diletakkan di atasnya. Anglo itu harus terus dikipas sampai adonan matang dan kue balok siap dihidangkan.

Zaman memang menuntut perubahan, kue balok tak lagi dijajakan dengan pikulan tapi dengan gerobak, tak cuma di pasar tradisonal tapi sudah masuk kafe. Meski hanya beberapa gelintir di Kota Bandung, ia tetap tak kehilangan pelanggan.Entah apa penyebab kue balok menghilang dari pasaran, tak banyak diteruskan keturunan penjual kue balok. Mungkin karena perubahan orientasi dan gaya hidup atau kalah bersaing dengan desakan macam-macam produk.Sebagian mengatakan kue balok berasal dari Garut, lainnya dari Bandung. Yang pasti, ia masih menjamur pada beberapa daerah di Jawa Barat, seperti Garut dan Tasikmalaya.


Source: http://www.beritabandoeng.com/berita/2009-02/kue-balok-nenek-moyangnya-kue/

30 komentar:

  1. sedih deh denger kue balok sekarang dah langka,,
    btw bntukny lebih mirip kue pukis daripada kue bolu

  1. zaman emang selalu berubah dan bnyak memberi berpengaruh, termasuk sama berbagai jenis makanan....
    kalau dulu cuma ada yang balok, sekarang sudah ada berbagai macam bentuknya....
    juga rasa, warna dan kreasi....
    :)

  1. campuran adonannya juga menggunakan tepung terigu, telur, dtt tdk??
    waahh saya jd penasaran ingin mncoba.. baru kli ini saya mendengar kue balok.. di jogja ada tdk yaa yang jual?? penasaran akan rasanyaaa..

  1. pernah sih denger kue balok..
    kuenya masih sederhana banget, tp boleh juga tuh dicoba..

    kira2 susah atau tidak proses pembuatannya ?

  1. raka g kurniawan
    5 Desember 2010 08.55

    kok bsa disebut nenek moyangnya kue ?? :o

  1. kandungan gizinya gimana ni?
    kayaknya cuman ada di sunda doang ya?
    mungkin perlu publikasi dan pelestarian biar ga punah, hehe

  1. Kue balok ini biasa disajikan dengan serundeng. Apakah bisa diinovasikan dengan makanan sampingan yang lain?

  1. kira-kira dimana saja bisa ditemukan kue ini??ada kemungkinan gak buat mengembangkan kue ini?

  1. kan teknik pembuatannya berbeda tuh, emg dmna perbedaan cara buat bolu sm balok?? ^^

  1. resti, kan katanya rasa kue balok cenderung tawar ya, bisa nggak sih kalo dikasih variasi kayak rasa coklat atau apa gitu?

  1. kira-kira awet berapa hari? termasuk kue basah kan?

  1. kue balok,,hemmmmm nama yang bagus,,berarti klo bentuknya kubus namanya jadi kue kubus kah??
    o..iya,,bisa nggak kue balok dibuat rasa lain kayak coklat,stroberi,anggur, ato leci??
    atur nuhun teh....

  1. Kue balok???
    Nah inilah tugas kita, mempromosikan produk pangan asli indonesia yang berkualitas internasional. Hayuk.hayuk,.,.,.
    Lanjudkan.....!!!!

  1. knp rasanya tawar??knp ga dikasih rasa?

  1. hemm..pake kopi? emang ga pahit banget ya? kalo pake gula atau meisis kanyaknya lebih enak..

  1. khan bahan getuk lindri sama getuk lindry khn sama,, trus rasanya beda gak??
    bedanya ap??

  1. wah boleh dicoba ni....
    kira-kira toko di daerah jogja ada yang jualan g ya....?

  1. setauku, serat rotinya kasar ya kalau dimakan tanpa kopi atau teh .. jd kurang nikmat

  1. kalo makan satu aja uda kenyang, bisa jadi alternatif makanan baru tuh, pengganti nasi..

  1. kue ini bertekstur lembut ga? atau bisa untuk di lemparkan ke orang lain?

  1. apakah ada yang jual terdekat dari FTP ?

  1. kalo kopi kan seleranya orang tua. kalo seumpama anak anak yang mau makan kue ini, bagusnya dipadu dengan minuman apa yaa?

  1. ini kue pancong yang rasanya laziz, adanya di warkop deket tol timur bekasi ini mah :)

  1. Waktu baca judulnya kukira ngomongin balok( singkong) goreng :P

    Wah, sayang banget ya....padahal makanan tradisional tuh harusnya dikembangin dan dijaga...

    Makanan model kue balok ini kan lebih sehat (+ murah meriah) dibanding junk food yg jamur di Indonesia akhir-akhir ini...

  1. nikmat nih... bahannya mudah banget pula.. wit, itu bukan kue pancong kali,, kue pancong kan gag dibuat dari singkong..

  1. rasanya kaya apa? apakah keras sperti balok?

  1. btw kog mirip bgt ama pukis??tp rasae kyak.a beda yoo

  1. kue balok?
    balok = keras ? :(
    ngeeekk ada aja ya orang jaman dulu?
    tapi berkat orang dulu itu bisa dibuat banyak inovasi kaya sekarang ini. . :)

  1. wah,musim hujan kayak gini lihat kue balok juga bikin lapeeerr....
    mbak, ada resep khusus ga biar kuenya enak?

  1. bagi resep atuh...komposisi yang tepat apa ajah..eheheh, nuhunnya'....

Poskan Komentar